Minggu, 02 Mei 2010

Seni

Batik:
kesenian yang paling terkenal di daerah Jawa Tengah dan terdapat beberapa macam motif. Pusat produksi batik berada di Pekalongan, ada pula batik yang diproduksi di Jogjakarta dan Surakarta. Batik Pekalongan melambangkan gaya pesisir, batik Jogja dan Pekalongan melambangkan batik dari pusat Jawa (gaya kejawèn).

Pertunjukan:
Ada beberapa pertunjukan khas Jawa salah satu pertunjukan yang terkenal adalah wayang seperti wayang kulit, wayang klitik, wayang beber, wayang golek dan wayang wong. Wayang kulit menggunakan bayangan dan boneka kulit, ceritanya berdasarkan kisah Mahabrata dan Ramayana.

Wayang klitik menggunaka boneka kayu ceritanya berdasarkan kisah Raja Panji. Wayang golek terdiri atas boneka kayu 3 dimensi ceritanya berasal dari kisah islam dan kisah heroisme. Wayang wong merupakan wayang yang melibatkan figur yang hidup, pertunjukan dimainkan oleh aktor ataupun aktris, tetapi ceritanya harus berdasarkan Mahabrata dan Ramayana.

Adapula pertunjukan lain selain wayang yaitu Ketoprak. Ketoprak ditampilkan oleh aktor dan dibarengi dengan musik gamelan. Ceritanya bebas tetapi tidak boleh berdasarkan Mahabrata dan Ramayana, karena akan menjadi seperti wayang wong.

Musik:
Musik khas Jawa Tengah umumnya sama dengan gamelan. Musik ini umumnya memiliki beberapa varian instrumen (metallophones, xylophones, drums, dan gong). Musik pop tradisonal Jawa Tengah adalah campursari, itu gabungan dari beberapa alat musik (gamelan dan alat musik barat), kebanyakan seperti keroncong. Biasanya lirik dalam bahasa Jawa tapi tidak selalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar